Blog ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan termasuk guru, peserta didik, sekolah dan media pembelajaran serta hal lain yang berkaitan dengan pendidikan

Running Text

Selamat Datang di Blog Guru Penggerak. Berikan Masukan atau Ide terkait blog ini di kolom komentar. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini!

Minggu, 30 Oktober 2022

SUKA BELAJAR (Sulawesi-Kalimantan Berbagi Edukasi Lewat Rumah Belajar) Berbagi Praktik Baik Rumah Belajar dan PMM


Setelah kegiatan berbagi secara daring pada minggu pagi, saya melanjutkan kegiatan berbagi secara daring dengan sahabat rumah belajar dari provinsi sulawesi selatan dan kalimantan selatan. Kegiatan kami diberi judul Suka Belajar yang merupakan akronim dari (Sulawesi dan Kalimantan Berbagi Praktik Baik Terintegrasi Rumah Belajar dan PMM). Saya mewakili Sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Sulawesi Barat, Ibu Himalini Apliyana, S.Kom yang mewakili Sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Bapak Rezkianto, S.Pd., Gr. yang mewakili Sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Sulawesi Selatan.
Flyer Kegiatan
Sambutan Duta Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Barat

Pada kegiatan kami di sore hari, diawali oleh sambutan dan motivasi dari Bapak Febrianto, S.Pd., Gr. (Duta Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021) yang memberikan motivasi dan selamat kepada kami yang telah sampai pada level 4. Ini bukan sesuatu yang mudah tentunya untuk bisa mencapai posisi level 4 ini. Beliau mengapresiasi kegiatan kami dan berharap agar kedepannya bisa berbagi dan berkolaborasi dalam penyampaian praktik baik yang bisa ditiru dan diaplikasikan oleh pendidik lain yang ada di seluruh Indonesia.
Setelah sambutan dari Pak Febrianto, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ibu Himalini Apliyana yang membawakan praktik baiknya dalam menggunakan sumber belajar yang ada diportal rumah belajar. Pada pemaparan yang disampaikan oleh beliau, banyak hal yang bisa digunakan dan didapatkan secara mudah di sumber belajar. Selain bisa digunakan untuk pembelajaran, Praktik baik yang dilaksanakan dapat dibagikan di platform merdeka mengajar untuk dijadikan bukti karya yang bisa menginspirasi guru lain.
Pemaparan kedua dipercayakan kapada saya. Pada pemaparan kali ini, saya memberikan informasi terkait fitur pendukung yang ada di rumah belajar yang biasa saya gunakan di kelas. Dalam hal ini penggunaan Edugame yang bisa membuat peserta didik bermain sambil belajar. Fitur ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru dan orang tua. Saya menunjukkan langsung bagaimana mengakses dan menggunakan fitur ini. Saya memperlihatkan salah satu gim yang pernah saya berikan ke peserta didik dalam hal ini gim berbahasa inggris yang membantu peserta didik dalam meningkatkan kosakata. Gim yang saya perlihatkan adalah smart shopping. Selain gim, saya juga menampilkan salah satu produk pusdatin yang juga sering saya gunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris yakni radio edukasi yang menyediakan materi listening (mendengarkan) yang sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru bahasa Inggris.
Pemateri terakhir yaitu Pak Rezkianto yang membawakan materi flipped classroom dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar. Strategi pembelajaran ini terbukti sangat membantu dalam proses belajar mengajar. Apalagi dengan adanya portal Rumah Belajar yang memberikan banyak sumber belajar baik berupa video maupun konten web dan gim. Pada akhir kegiatan, kami melakukan foto bersama dengan peserta webinar lainnya. Kami berharap agar kedepan bisa berkolaborasi lagi untuk saling berbagi pengalaman dan praktik baik dalam mendidik di kelas. Semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi orang lain. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar