Blog ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan termasuk guru, peserta didik, sekolah dan media pembelajaran serta hal lain yang berkaitan dengan pendidikan

Running Text

Selamat Datang di Blog Guru Penggerak. Berikan Masukan atau Ide terkait blog ini di kolom komentar. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini!

Kamis, 22 Oktober 2020

Level 4 Berbagi



 Pada tugas akhir di level 4 Berbagi, seluruh Sahabat Rumah Belajar atau yang dikenal SRB secara massiv melakukan kegiatan sosialisasi. Beranda media sosial dipenuhi dengan flyer dan postingan yang berisi kegiatan teman-teman dalam mensosialisasikan pemanfaatan portal Rumah belajar serta inovasi pembelajaran dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan di indonesia.

Kegiatan berbagi yang saya lakukan dengan tatap Maya. Sebelumnya saya bersama teman di Kabupaten Mamuju Tengah telah bersilaturahmi dengan Dinas Pendidikan untuk mendapatkan rekomendasi kunjungan atatu tatap muka ke sekolah. Alhamdulillah kami mendapat respon positif dan surat rekomendasi.

Namun kita hanya perencana yang baik dan Tuhan Tetap sebagai penentu yang terbaik. Kegiatan tatap muka ke sekolah tidak dapat dilakukan karena adanya kasus positif yang ditakutkan menambah cluster baru. Padahal sudah beberapa sekolah meminta untuk dikunjungi agar memperoleh pengetahuan tentang proses PJJ yang baik dalam kaitannya dengan pemanfaatan portal rumah belajar.

Kondisi jaringan di kabupaten Mamuju Tengah yang menjadikan guru-guru lebih senang dengan sosialisasi secara tatap muka. Hingga akhirnya di saat akhir saya melakukan kegiatan tatap maya dengan berkolaborasi dengan teman-teman SRB Sulawesi dengan nama Kegiatan PSBB di masa pandemic. PSBB sendiri akronim dari Pulau Sulawesi Berbagi Bersama.

Pada prosesnya kami laksanakan selama 2 malam yaitu tanggal 14-15 Oktober 2020. Ada beberapa Materi yang kami bawakan yaitu tentang Pengenalan Fitur rumah Belajar, Registrasi Kelas Digital / Kelas Maya, Penggunaan Quiziz, Inovasi Pembelajaran Flipped Classroom, Pembuatan video sederhana dengan canva, serta pembuatan microblog dengan publisher. Para peserta sangat antusias terbukti dari pendaftar pada google form lebih dari 100 peserta. Hanya saja kapasitas room hanya 100. Kegiatan terlaksana dengan baik dan lancar. semoga semangat berbagi tak hanya sekedar menjadi penggugur tugas di level 4 ini.

Selain kegiatan berbagi dengan tatap muka dan tatap maya, tugas lain adalah membuat vlog. Saya sendiri mebuat vlog mengenai inovasi pembelajaran Blended Learning dalam optimalisasi portal rumah belajar dengan memanfaatkan fitur utama sumber belajar. Untuk videonya bisa mengklik Inovasi pembelajaran Blended Learning atau bisa mengklik video di bawah atau link berikut:

https://youtu.be/Y765QzH5u60



Flyer Kegiatan tatap Maya:








1 komentar:

  1. Kami sempat mengikuti kegiatan tatap maya tersebut. Materi yang dibawakan sangat menarik dan tentunya bermanfaat bagi kami sebagai seorang pengajar. Sukses selalu dan tetaplah berbagi.

    BalasHapus