Blog ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan termasuk guru, peserta didik, sekolah dan media pembelajaran serta hal lain yang berkaitan dengan pendidikan

Running Text

Selamat Datang di Blog Guru Penggerak. Berikan Masukan atau Ide terkait blog ini di kolom komentar. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini!

Kamis, 22 Oktober 2020

Media Pembelajaran Interaktif Solusi Belajar di Masa Pandemi

Sudah 7 bulan lamanya kita dihadapkan pada persoalan pandemi covid-19. Terhitung sejak bulan Maret tahun 2020 sekolah terpaksa diliburkan untuk proses pembelajaran tatap muka di kelas. Bahkan hajatan besar sekolah dan kementerian sekelas Ujian Nasional Berbasis Komputer pun terpaksa ditiadakan. Padahal UNBK baru direncakan ditiadakan tahun ajaran baru ini dengan pengganti AKM sebagai salah satu program Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.
Pada Ulasan blog ini, kita tidak akan membahas mengenai UNBK dan AKM. Ulasan mengenai UNBK dan AKM akan dikupas pada tulisan yang lain. Yang menjadi fokus kita adalah Media Pembelajaran Interaktif sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi.
Multimedia Pembelajaran interaktif sejatinya telah lama ada. Hanya saja keberadaannya belum dikenal luas oleh masyarakat khususnya sebagian guru yang berada di pedalaman. Akses informasi, tidak adanya pelatihan dan motivasi menjadi penyumbang terbesar tidak diketahuinya MPI ini. Namun, belakangan ini di saat seluruh dunia hampir lumpuh karena pandemi, ternyata membawa hikmah tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Musibah pandemi ini ternyata membuat pelatihan-pelatihan guru secara daring menjamur. Dalam sehari guru bisa mengikuti hingga 3 webinar dengan waktu yang berbeda. Tak jarang adapula berjalan diwaktu yang bersamaan. Dengan hadirnya begitu banyak kegiatan-kegiatan pelatihan yang diadakan baik itu dari kementerian, Organisasi guru, hingga komunitas guru tentu membuat kita semakin terpacu dalam peningkatan kompetensi dan kapabilitas sebagai seorang pendidik.
Begitu banyak aplikasi yang bisa kita gunakan dalam membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Salah satunya adalah Smart Apps Creator 3 yang proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu lama. Bagi guru atau pendidik yang terbiasa, bisa membuatnya tanpa harus menghabiskan waktu sejam. Ini bergantung pada ketersediaan materi dan aset lainnya seperti video, musik dan gambar yang kita masukkan dalam aplikasi.
Bagi rekan-rekan yang penasaran dengan proses pembuatan MPI dengan Smart Apps Creator 3 bisa dengan mudah mengetahuinya tanpa harus mengikuti pelatihan yang lama. Cukup dengan menyiapkan kuota dan PC sebagai alat untuk membuatnya. Dengan mengklik Smart Apps Creator 3 rekan-rekan bisa mengikuti panduan atau totorial lengkap mulai awal hingga proses publish menjadi aplikasi yang bisa dipakai di HP Android dan Laptop atau komputer. Untuk lebih jelasnya silahkan mengklik MPI SAC atau Smart Apps Creator 3

atau bisa langsung melihat di video berikut. Adapun aset latihan berupa musik, gambar dll ada di link deskripsi video.





4 komentar: