Blog ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan termasuk guru, peserta didik, sekolah dan media pembelajaran serta hal lain yang berkaitan dengan pendidikan

Running Text

Selamat Datang di Blog Guru Penggerak. Berikan Masukan atau Ide terkait blog ini di kolom komentar. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini!

Kamis, 11 November 2021

Vlog Best Practice Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Model Flip Classroom

Sahabat Rumah Belajar, pada Vlog Inovasi Pembelajaran yang saya buat, saya menceritakan perjalanan saya menuju ke tempat tugasinilah rutinitas saya setiap pagi menuju ke sekolah tempat saya mengabdi. Saya adalah seorang guru bahasa inggris yang saat ini bertugas di UPTD SMP Negeri 3 Topoyo. Sekolah yang terletak di Desa Paraili, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi sulawesi barat.

Sahabat Rumah belajar, Perjalanan dari rumah menuju ke sekolah membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dengan menggunakan sepeda motor. Sebuah kesyukuran, karena saat ini hampir di semua wilayah Indonesia telah menerapkan PTMT atau Pembelajarn tatap Muka terbatas. Tentu ini menjadi sebuiah angin segar utnuk kita sebagai pendidik dan juga peserta didik serta orang tua dan semua elemen masyarakat.

Sahabat rumah belajar, Pembelajaran Tatap Muka terbatas ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi peserta didik selama pembejaran jarak jauh atau online. Kondisi wilayah yang tidak sepenuhnya memiliki akses internet serta fasilitas pendukung seperti gawai menjadi kendala utama ketidakberhasilan pembelajaran jarak jauh. Dampak lain dari pembelajaran jarak jauh adalah, intensitas peserta didik dalam menggunakan gawai yang lebih banyak untuk game maupun sosial media ketimbang pembelajaran yang telah diberikan oleh guru.

Sahabat rumah belajar, Tentu saja, Pembelajaran tatap muka terbatas ini tetap mengutamakan keselamatan warga sekolah. Olehnya itu, protokol kesehatan tetap yang utama guna menghindari penyebaran wabah covid-19. tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, serta mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Kita semua berharap, semoga pandemi ini bisa segera hilang dan kita bisa melakukan tatap muka seperti yang dulu..

Ini adalah kali ke-3 saya mengikuti program pembelajaran Berbasis TIK atau biasa disebut dengan pembaTIK. Terhitung sejak tahun 2019-2021 saya telah mengikuti program ini. Sebuah kesyukuran karena tahun ini kembali diberikan kepercayaan sampai pada level 4. Terima kasih untuk pusdatin kemristekdikti yang telah menginisiasi program ini sehingga kami para guru dapat meningkatkan kompetensi kami khususnya dibidang Teknologi informasi dan komunikasi.

Pada model pembelejaran flipped clasroom, saya menggunakan video yang telah saya unduh pada sumber belajar yang ada di portal rumah belajar. Selanjutnya saya mengirimkan video tsb kepada peserta didik saya. Flipped classroom atau pembelajaran terbalik, adalah model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas mempelajari materi terlebih dahulu di rumah sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru. Metode ini juga digunakan oleh guru ketika ada siswa yang tidak hadir di kelas karena sesuatu hal. Guru dapat mengirimkan video yang telah diunduh melalui sumber belajar atau mengirmkan link untuk mengunduh sumber belajar tersebut melalui portal rumah belajar.

#Pudatin Kemdikbudristek
#Rumah Belajar
#Pembatik 2021
#Duta Rumah Belajar
#Sahabat Rumah Belajar
#Sulawesi Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar