Blog ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan termasuk guru, peserta didik, sekolah dan media pembelajaran serta hal lain yang berkaitan dengan pendidikan

Running Text

Selamat Datang di Blog Guru Penggerak. Berikan Masukan atau Ide terkait blog ini di kolom komentar. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini!

Selasa, 26 Oktober 2021

Terima Kasih Level 3

Alhamdulillah adalah kata yang tepat menggambarkan betapa senangnya saya karena level 3 PembaTIK yang lalu. Pada level 3 seperti yang saya tuliskan di blog saya sebelumnya https://gurupenggeraksulbar.blogspot.com/2021/10/pengumuman-peserta-pembatik-level-4.html mengenai tahapan-tahapan yang dilalui peserta sebelum melangkah ke level 4. Pada level 3 ada proses yakni Mengunggah Karya Konten Pembelajaran berbentuk Multimedia Pembelajaran Interaktif. Pada proses ini peserta diminta membuat karya MPI dengan menggunakan Smart Apps Creator 3.

Lalu apa hubungannya level 3, Smart Apps Creator 3 (SAC) dengan terima kasih saya? Thanks neti masih membaca sampai pada paragraf dua ini. Jawabannya simpel, karena level 3 lah sehingga channel youtube saya Guru Penggerak https://www.youtube.com/channel/UCCKBTLBxS2kAwoxt84OHv6A mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.


Video yang mencapai 42.929 viewer

Ada satu video lawas yang saya unggah tahun lalu mendadak dikunjungi banyak peserta pembaTIK level 3. Tentunya itu berimbas pada jam tayang dan jumlah subscriber yang sempat terhenti diangka 800 menjadi 1000an. Jam tayang pun yang semula hanya 2700 jam bisa mencapai 4000 jam. Walaupun saat ini masih pada proses peninjauan youtube untuk proses monetisasi. Mohon doanya yah neti supaya mimin juga bisa dapat tamsil dari youtube. Aamiin.

Tentu level 3 ini juga banyak suka duka yang dilewati. Sekalipun saya sudah terbiasa membuat Aplikasi MPI (baca: multimedia pembelajaran Interaktif), namun tak serta merta saya yakin bisa lolos level ini dengan mudah. Karena antusias peserta dalam mendesain karyanya sehingga lebih menarik. Saya hanya memberikan gambaran pembuatannya melalui youtube saya. Akan tetapi dari segi pengemasan tentunya kembali kepada kreatifitas bapak/ibu guru peserta yang tentunya sudah sangat luar biasa dengan aset dan hal-hal yang berkaitan dengan tampilan visual.

Berbagai drama pun mewarnai level 3, dari segi pembuatan aplikasi yang sebagian masih baru dalam membuat aplikasi, belum lagi kendala dalam mencari aset yang sesuai hingga kendala jaringan saat akan mengunggah karya. Saya sendiri pada saat level 3 sempat beberapa malam menunggu hingga larut malam. Bahkan pernah saya unggah dari pukul 22.00 – 01.00 namun belum terkirim. Kendala jaringan merupakan pewarna dalam level 3 ini. Hingga satu waktu saya unggah pukul 04.00 dan akhirnya tugas pun terkirim.

Pada akhirnya tidak ada hasil yang menghianati proses. Setiap mereka yang telah berusaha pasti mendapati hasil. Baik itu terpilih menjadi 30 Besar perwakilan provinsi maupun yang lulus level 3 namun tidak bisa ikut level 4 karena peserta yang dibatasi. Yang jelasnya proses yang dilalui memberikan manfaat bagi kita terutama yang baru mengenal MPI tersebut.

Sekali lagi saya sangat berterima kasih pada level 3 yang telah memberikan penugasan MPI dengan aplikasi SAC. Btw, bagi rekan-rekan yang tertarik dengan video tutorial, bisa berkunjung di channel saya yang saya upload linknya pada bagian atas tadi dan bisa di akses juga lewat blog ini pada sisi kanan blog saya.




Sumber : Screen Shoot LMS PembaTIK













Tidak ada komentar:

Posting Komentar