Blog ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan termasuk guru, peserta didik, sekolah dan media pembelajaran serta hal lain yang berkaitan dengan pendidikan

Running Text

Selamat Datang di Blog Guru Penggerak. Berikan Masukan atau Ide terkait blog ini di kolom komentar. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini!

Sabtu, 29 Oktober 2022

Workshop Pembuatan Video Pembelajaran dengan Canva dan Kinemaster Terintegrasi Rumah Belajar Bersama MGMP IPS

Kegiatan Luring ke-4 kali ini saya menyambangi MGMP IPS. Berlokasi di lab Komputer UPTD SMP 5 Tobadak, Kegiatan ini dimulai pukul 09.00-16.00. Saya diminta untuk mebawakan materi Canva dan Kinemaster dalam pembuatan video pembelajaran. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya. Kemudian sambutan dari ketua MGMP IPS oleh Pak Mahadir, S.Pd., Gr. dan dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan secara resmi oleh Pak Hamzah, S.Pd. yang mewakili pengawas dan Kepala Sekolah yang berhalangan hadir. Pembukaan ditutup dengan pembacaan doa olah Pak Jamil Mahmudi, S.Pd., Gr.



Bermodalkan materi yang saya dapatkan pada pembaTIK level 3, saya memaparkan materi awal yang berisi penjelasan seputar pembuatan video dari modul pada pembatik level 3. Setelah pemaparan slide, saya memberikan penjelasan terkait canva for education. Beberapa peserta ternyata belum mengetahui tentang canva ini. Kemudian saya mendaftarkan dan menggabungkan mereka ke dalam komunitas saya dengan menggunakan akun belajar.id mereka. Sebelumnya banyak yang tidak memaksimalkan akun belajar yang telah diberikan oleh kementrian ini, melalui kegiatan ini teman-teman guru IPS akhirnya bisa menggunakan akun ini secara maksimal.

Setelah pemaparan canva sebagai media untuk pembuatan video pembelajaran, saya memperlihatkan tentang fitur Rumah Belajar yang bisa mereka gunakan dalam memperoleh video pembelajaran. Selain untuk mendapatkan video, fitur sumber belajar ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru IPS dalam membuat video pembelajaran mereka. Dalam pemaparan yang saya perlihatkan, saya menjelaskan cara mendaftar akun dan memperlihatkan praktik baik saya dalam memanfaatkan sumber belajar.
Selain sumber belajar, saya memberikan informasi terkait Platform Merdeka Mengajar. Sebagai motivasi kepada rekan-rekan guru IPS saya menyampaikan perihal video pembelajaran yang mereka buat dapat dijadikan sebagai bukti karya yang ada di Platform Merdeka Mengajar. Tentu dengan bekal materi terakhir yakni dengan menggunakan kinemaster dalam membuat video pembelajaran yang lebih menarik.

Pada pelatihan dengan menggunakan Kinemaster, saya telah menyiapkan green screen (Layar Hijau) untuk pemanfaatan chroma key. Selain green screen, penggunaan tripod juga sangat penting guna menjaga gambar agar tetap stabil. Penggunaan fitur landscape dalam pengambilan gambar dan menghindari penggunaan fitur zoom agar kualitas gambar tidak pecah. Selanjutnya saya meminta salah satu rekan guru mewakili peserta yang lain untuk pengambilan video. Diwakili olah pak Hairul Ikhsan yang merupakan guru di SMP 6 Karossa.

Setelah pengambilan video, secara bersama-sama saya memperlihatkan teknik penggunaan chroma key untuk menghilangkan latar hijau dan mengganti dengan background kelas. Lalu saya menyampaikan fitur transisi, penggunaan audio, teks dan pengunaan rekam suara untuk mengganti suara yang kurang maksimal. Kegiatan terlaksana dengan baik dan mendapatkan gambaran yang jelas dalam membjuat video pembelajaran dengan contoh dari sumber belajar.
Pada akhir kegiatan, diakhiri dengan penyampaian penugasan pembuatan video dan foto bersama dengan rekan guru MGMP IPS. Berikut absen kegiatan berbagi di MGMP IPS: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar